Laman

Rabu, 17 September 2014

Berbagi

Disini saya akan membagi sedikit ilmu yang saya dapatkan selama mengikuti peatihan aplinet di Universitas Muhammadiyah Malang. Ilmu ini pastinya sangat bermanfaat dan akan membantu mempermudah kita dalam mengerjakan tugas – tugas kuliah kita. Simak baik – baik dan silakan mencobanya.
1.       Mencari sesuatu secara fokus atau mempersempit pencarian di google.com
Semisal kita ingin mencari mengenai apel batu, pastinya ada ribuan penemuan mengenai kata kunci tersebut, untuk mempersempit pencarian, silakan mengetikkan “(kata kunci)”. Kita dapat menulisnya “Apel Batu”. Tanda (“) dapat membantu kita mempersempit pencarian sehingga laman yang sortir untuk tugas kita lebih sedikit dan tentunya tidak memberatkan otak kita.

2.       Mencari format mp3, ppt, jpg, dsb
Seringkali kita kesulitan mencari file sesuai extensi yang diinginkan, dalam google termuat ribuan bahkan jutaan file yang kita inginkan. Agar mempermudah mencari file extensi gunakan filetype: (format file). Contohnya rumus matematika filetype: ppt, disitu akan termuat file dengan format power point sesuai yang kita cari.

3.       Mencari info berkaitan dengan salah satu situs web
Semisal kita ingin mencari info beasiswa,  kalau kita hanya mengetikkan info beasiswa pastinya banyak sekali dan semuanya belum tentu yang kita inginkan. Cara mudahnya gunakan (yang ingin dicari) site: (alamat web). Contonhnya kita ingin mencari info beasiswa di UMM, tulis saja pada laman pencarian yaitu info beasiswa site: www.umm.ac.id. Hasil pencariannya hanya akan menampilkan info beasiswa di UMM saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar