Laman

Rabu, 17 September 2014

TENTANG UMM


UMM mempunyai beberapa fakultas, yaitu: Agama Islam, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Teknik, Pertanian-Peternakan, Psikologi, Ilmu Kesehatan dan Kedokteran.  Selain itu juga menyelenggarakan pendidikan pascasarjana dan doktor.  Saat ini UMM mempunyai 48 program studi yang terdistribusi di beberapa fakultas.

Program pendidikan terdiri dari program diploma, sarjana strata 1, pascasarjana, program doktor dan program profesi.  Untuk proses pembelajaran, UMM sudah menerapkan e-learning dan open course ware.  Beberapa jurusan sudah menerapkan sistem ujian berbasis komputer (computer based test).  Mahasiswa dapat mengakses materi pemebalajaran dalam bentuk hard copy di perpustakaan dan secara online, yaitu di digital library, e-journal, skripsi online, dan lain-lain.

Program akademik di Universitas Muhammadiyah Malang sudah tersistem dengan baik. Mahasiswa yang baru masuk sudah diberi penjelasan dan orientasi tentang kehidupan akademik di Universitas. Selama proses studi, mahasiswa akan diberi bimbingan secara intensif baik di dalam kelas maupun di luar kelas untuk membantu kelancaran studi mahasiswa.

Proses studi diawali dengan pendaftaran mahasiswa baru, registrasi, pemrograman mata kuliah, kegiatan kuliah dan praktikum, praktek kerja lapang, kuliah kerja nyata, penelitian, penyusunan tugas akhir atau skripsi, ujian skripsi, yudisium, dan diakhiri dengan wisuda.

Untuk mendukung layanan administrasi akademik, UMM telah menerapkan sistem administrasi berbasis IT. Dalam proses pembelajaran, setiap ruang kelas dilengkapi dengan multimedia serta kamera CCTV. Hal ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran baik dari sisi materi maupun intensitas kehadiran dosen dan mahasiswa di kelas.

Dengan ketersediaan SDM yang qualified, fasilitas yang lengkap serta sistem pendidikan modern, kami mengundang para lulusan SMTA di mana pun berada untuk bergabung menjadi anggota warga besar UMM. 

Mahasiswa UMM yang berasal dari seluruh provinsi dan lebih dari 10 negara mempunyai latar belakang yang sangat beragam, mulai dari status sosial, ekonomi, agama, suku, dan budaya. UMM yang mempunyai sembiyan “Dari Muhammadiyah Untuk Bangsa” sudah mempunyai komitmen untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi yang dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Mahasiswa datang dengan membawa semangat dan energi yang luar biasa untuk menempuh studi di UMM demi tercapainya tujuan dan kepentingan yang sudah diinginkan semula. Baik kepentingan pribadi, kepoentingan untuk membangun negeri, atau bahkan kepentingan lain yang sudah jelas direncanakan oleh mahasiswa beserta keluarganya. Untuk itu, mereka mencari univeritas dengan sumberdaya yang memungkinkan mereka untuk mewujudkan cita-citanya. DI UMM, mahasiswa menemukan dosen, karyawan dan teman sesama untuk saling berbagi dalam suka maupun duka selama menempuh studi hingga terjalin sebuah persahabatan abadi yang berlangsung sumur hidup.

Komitmen UMM tidak hanya menghasilkan lulusan yang   mempunyai kemampuan akademik baik, namun juga menjunjung tinggi nilai-nilai etika berkehidupan di masyarakat, serta bertindak Islami. Hal itu dapat tercapai, karena mahasiswa di kampus UMM akan ditemani oleh dosen dan seluruh staf yang akan mendidik dengan sungguh-sungguh, tulus, ikhlas serta menggunakan hati melalui pemanfaatan fasilitas lengkap dan sistem pendidikan yang sudah berjalan baik.

Kehidupan di kampus UMM berlangsung dalam suasana yang penuh kekeluargaan, ramah, nyaman dan penuh persahabatan. Hubungan mahasiswa dengan dosen jauh dari kesan feodal. Pergaulan antar sesama mahasiswa juga berlangsung sangat baik. Antar mahasisa UMM selama ini tidak pernah ada yang saling bertengkar atau tawuran brutal. Aktivitas saling memberi support saat terjadi kompetisi antar mahasiswa sudah biasa, namun tak pernah sekalipun terjadi perkelahian. Kehidupan kampus yang nyaman dan damai ini menyebabkan sangat kondusif untuk belajar. Apalagi didukung kondisi alam Malang yang berhawa sejuk, dingin, bersih dari polusi, tenang dan asri alami.

UMM menerapkan peraturan ketat terhadap kehidupan mahasiswa dalam 4 hal, yaitu larangan untuk: berkelahi, bersangkutan dengan narkoba, berbuat kriminal dan melakukan perbuatan asusila. Mahasiswa yang melanggar peraturan tersebut akan dikenakan sanksi hingga pemecatan. Untuk menjamin agar mahasiswa tidak melakukan larangan utama tersebut, maka sebelum resmi menjalani studi, mahasiswa dan orang tua/wali diwajibkan menandatangai surat kontrak belajar, yang isinya antara lain bersedia dikeluarkan jika mahasiswa melanggar aturan yang sudah ditetapkan universitas. Melalui 4 larangan keras yang jika dilanggar akan mengakibatkan pemecatan ini menjamin kehidupan mahasiswa di kampus UMM berlangsung baik sesuai harapan orang tua/wali

Fasilitas di kampus UMM yang dapat kita temui:
·         Kampus yang megah dan asri.
·         Gedung perkuliahan yang representatif dan modern dengan dilengkapi multimedia serta kamera CCTV.
·         Perpustakaan yang lengkap dengan jumlah koleksi berlimpah, mulai textbook, laporan penelitian, jurnal ilmiah, majalah, koran, serta konten audio-visual. Layanan juga sudah menggunkan sistem pengelolaan modern dengan memanfaatkan IT.
·         Laboratorium berbagai bidang keilmuan dengan peralatan modern dan bahan praktikum yang lengkap. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar