Laman

Senin, 15 September 2014

Membuat PCB dengan teknik Setrika


Cara membuat PCB tanpa menggunakan sablon adalah dengan menggunakan teknik di setrika. Yaitu gambar PCB yang sudah jadi dari komputer (sudah dicetak di kertas) di setrika ke PCB polos. Teknik membuat PCB rangkaian elektronika dengan setrika ini dapat digunakan untuk membuat PCB dengan jalur yang cukup komplek dan hasil PCB yang sudah jadi tidak kalah dengan PCB yang dibuat dengan sablon. Bahan untuk membuat PCB dengan teknik disetrika adalah sebagai berikut.

Bahan-Bahan Untuk Membuat PCB dengan Teknik Setrika

  • Gambar PCB yang dicetak dengan print laser di kertas kalender.
  • PCB polos
  • Setrika Listrik
  • Air pada tempat yang cukup untuk meletakan PCB polos
  • Pelarut PCB ferit clorida (FECL3)
  • Bor listrik kecil (0.8 mm/ 1 mm)

Cara Membuat PCB Dengan Teknik Setrika

  1. Gambar PCB yang akan dibuat harus dicetak dengan printer laser di kertas kalender, apabila tidak ada printer laser maka hasil print out dari printer tinta tersebut di photocopy dahulu untuk mendapatkan cetakan lasernya.
  2. Bersihkan PCB polos dari minyak atau kotoran dan korosi yang menmpel menggunakan amplas halus.
  3. Letakan gambar PCB pada lapisan tembaga PCB polos. Bagian print out yang ada gambar dari print laser harus menempel pada bagian tembaga PCB polos.
  4. Panaskan setrika, kemudian setrika print out gambar PCB yang sudah diletakan diatas PCB polos tadi hingga semua jalur pada kertas prin out menempel ke PCB polos. Jangan sampai kertas bergeser. Pada proses menyetrika usahakan jangan sampai terlalu lama atau terlalu panas karena dapat merusak lapisan tembaga PCB, yang penting jalur sudah menempel dengan sempurna pada semua sisi.
  5. Rendam PCB dengan kertas print out yan telah disetrika tersebut dengan air bersih, tunggu beberapa saat sampai kertas lunak. Kemudian bersihkan kertas print out dari PCB polos sehingga tersisa jalur PCB dari prin out yang menempel pada PCB polos.
  6. KOreksi PCB untuk memastikan tidak ada jalur yang terputus, bila terdapat jalur yang terputus sambung menggunakan spidol permanent. Larutkan PCB yang sudah ada gambar jalur dari kertas print out ke cairan pelarut (ferit clorida / FeCl3). 
  7. Setelah prose pelarutan selesai bersihkan PCB dari cairan pelarut dengan air bersih. Selanjutnya adalah proses pengeboran footprint kaki komponen pada PCB dengan bor listrik ukuran kecil (0,8 mm atau 1 mm).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar